ads
Makanan Penjaga Hidrasi Tubuh Terbaik

Makanan Penjaga Hidrasi Tubuh Terbaik

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Saat keluar di cuaca yang panas dan terik, salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah minum air yang cukup. Kita sedang mengalami gelombang panas di berbagai wilayah negara, dengan lebih banyak lagi yang akan datang. Itulah sebabnya menghindari dehidrasi menjadi semakin penting. Menjaga hidrasi berarti lebih dari sekadar minum air. Ini juga berarti mendapatkan cukup elektrolit. Elektrolit dapat dengan mudah dipenuhi melalui minuman olahraga dan suplemen, tetapi mereka juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu.

Faktanya, banyak makanan yang mengandung banyak air dan penuh dengan elektrolit serta nutrisi, yang dapat membantu menghilangkan dahaga sambil menjaga kesehatan Anda. Makanan-makanan ini juga sangat membantu menjaga hidrasi Anda selama gelombang panas. Kami berbicara dengan seorang ahli untuk mempersempit makanan apa saja yang harus Anda simpan di kulkas dan manfaat hidrasi kunci yang mereka berikan.

Juga, lihat berapa banyak air yang seharusnya Anda minum, mengapa Anda harus minum lebih banyak, dan dapatkan tips elektrolit dari pakar kami untuk mulai digunakan hari ini.

Cara Mengetahui Jika Anda Terhidrasi

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari ukuran tubuh, intensitas aktivitas serta seberapa sering dan banyak mengeluarkan keringat. Ahli diet tersertifikasi serta ahli gizi dan olahraga, Gabriela Barreto memaparkan bahwa ada dua indikator soal tingkat hidrasi tubuh seseorang, yakni rasa haus dan warna urin.

"Minum sesuai rasa haus bisa sesuai untuk kebanyakan orang untuk menjaga tingkat hidrasi mereka, dan untuk urine, Anda mencari warna kuning pucat," kata Barreto. 

Dia mengatakan satu-satunya waktu Anda tidak perlu khawatir tentang warna urine adalah saat buang air kecil pertama di pagi hari karena cenderung gelap, atau jika Anda sedang mengonsumsi suplemen vitamin B, yang membuat urine lebih cenderung berwarna kuning cerah.

Barreto merekomendasikan bahwa selain makanan dan air, suplemen hidrasi seperti Skratch dapat bermanfaat bagi individu dengan pekerjaan aktif dan orang-orang yang berolahraga atau menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dalam kondisi panas. 

"Menggunakan produk hidrasi dapat berguna untuk meningkatkan cadangan air tubuh Anda. Saya merekomendasikan produk hidrasi dengan 300 hingga 500 miligram natrium dan sebaiknya sekitar 20 gram karbohidrat," terangnya.

Perlu diingat, minuman elektrolit tanpa karbohidrat juga akan membantu rehidrasi, hanya saja tidak seefisien itu. Jadi pastikan membaca label terlebih dahulu untuk memilih opsi terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Makanan Apa yang Paling Menghidrasi?

Pada dasarnya, mayoritas makanan mengandung air yang cukup tinggi, namun ternyata buah dan sayuran adalah yang paling tinggi, secara tidak disadari banyak orang.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah dan sayuran yang menghidrasi ini, pastikan Anda mengikuti pedoman diet standar. Barreto mengatakan, "Pedoman diet merekomendasikan dua hingga tiga porsi buah dan tiga hingga empat porsi sayuran untuk sebagian besar orang dewasa." 

Tidak ada pedoman khusus untuk buah dan sayuran yang menghidrasi, tetapi dengan mengonsumsi jumlah harian yang direkomendasikan, Anda akan menambah hidrasi Anda, katanya.

Diperkirakan bahwa 20% hingga 30% kebutuhan cairan dapat berasal dari makanan, termasuk buah dan sayuran. Dengan mengkombinasikan makanan tertentu, Anda dapat meningkatkan hidrasi Anda. 

"Saat mencari rehidrasi yang memadai, karbohidrat, cairan, dan natrium adalah kuncinya. Karbohidrat penting untuk mengoptimalkan penyerapan air dan natrium dalam tubuh," lanjut Baretto.

Semangka dan Melon

Tidak sekedar buah yang banyak ditemukan ketika musim kemarau, semangka juga diketahui mampu menghidrasi tubuh secara efektif. Semangka terdiri dari 92% air dan memiliki antioksidan, nutrisi penting seperti vitamin A dan C, magnesium, serat, dan likopen (pigmen yang ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna merah, kuning, atau oranye). Melon lainnya seperti blewah juga terdiri dari 90% air dan merupakan sumber kalium, folat, serta vitamin A dan C.

Barreto mengatakan salah satu resep musim panas yang menghidrasi adalah salad mentimun dan semangka dengan jeruk nipis, mint, dan feta yang asin. Keberadaan natrium dan karbohidrat bakal membantu tubuh dalam menyerap air yang terkandung dalam buah dengan mudah.

Barreto menunjukkan bahwa karena alasan ini, Anda juga akan melihat beberapa ahli gizi olahraga merekomendasikan menaburkan sedikit garam pada semangka Anda.

Mentimun

Mentimun terdiri dari 95% air dan mengandung vitamin seperti vitamin K, magnesium, dan kalium. Sayuran segar ini dapat dengan mudah ditambahkan ke salad, sandwich, air, atau dimakan sendiri. Kandungan air yang tinggi juga menjadikannya sayuran rendah kalori dan merupakan makanan ideal untuk ditambahkan ke diet Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan dan merasa kenyang lebih lama.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads