ads
4 Makanan Lokal Indonesia yang Sudah Diakui Oleh Dunia

4 Makanan Lokal Indonesia yang Sudah Diakui Oleh Dunia

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk dapat memenuhi nutrisi hariannya sehingga bisa beraktivitas secara normal. Ada banyak jenis makanan lokal Indonesia yang menjadi ciri khas dari setiap daerah. Banyaknya jenis makanan tersebut muncul sebagai ciri khas dari setiap daerah yang bisa jadi menarik untuk dicoba ketika berkunjung.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis makanan yang berbeda di setiap daerahnya dan menjadi salah satu daya tarik sendiri. Banyaknya bahan pakan dan bumbu yang beragam di setiap daerahnya menjadikan jenis dan varian makanan di Indonesia sangat beragam. Makanan bahkan menjadi salah satu bentuk seni budaya yang sudah turun temurun dari nenek moyang di setiap daerah.

Setiap daerah pasti punya ciri khas makanannya masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Beberapa makanan memiliki karakter yang sama di berbagai daerah. Di Indonesia sendiri akan selalu muncul banyak jenis makanan baru di daerah yang populer secara nasional. Luasnya daerah Indonesia, jumlah rempah yang banyak, dan kebiasaan berbeda menjadi alasan banyaknya jenis makanan di Indonesia.

4 Jenis Makanan Lokal Indonesia yang Diakui Dunia

Dengan suku dan budayanya yang sangat beragam, Indonesia punya banyak ciri khas daerah. Salah satu ciri khas daerah yang tidak lepas dari budaya adalah beraneka ragam jenis makanan. Dari berbagai macam makanan tersebut, ada 4 jenis makanan lokal Indonesia yang saat ini sudah mendapatkan pengakuan dunia, seperti disebutkan di bawah ini.

1. Rendang

Makanan Indonesia pertama yang sudah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya UNESCO adalah rendang. Makanan khas dari Sumatera Barat yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya tersebut bahkan menjadi salah satu jenis makanan terenak di dunia. Cara masak yang lama menjadikan daging rendang terasa empuk serta memiliki cita rasa kuat lewat bumbu rempahnya.

2. Tempe

Makanan kedua yang juga sudah mendapatkan pengakuan dari dunia lewat UNESCO adalah tempe. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai tersebut menjadi salah satu olahan kacang kedelai yang dikatakan sehat. Tempe diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia berasal dari Indonesia. Tempe bahkan populer di beberapa negara termasuk Jepang dan kawasan Asia Tenggara lainnya.

3. Lumpia

Makanan ketiga yang juga sudah mendapatkan pengakuan dari Dunia adalah Lumpia. Makanan khas dari kota Semarang ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sejak tahun 2014 sebagai warisan budaya Dunia. Jajanan khas oleh – oleh wajib dari Semarang ini punya cita rasa yang nikmat terutama isian rebungnya.

4. Nasi Goreng

Makanan keempat dari Indonesia yang juga mendapatkan pengakuan Dunia adalah Nasi Goreng. Makanan ini menjadi salah satu makanan internasional Indonesia yang memang cocok di lidah orang luar. Nasi goreng beberapa kali pernah masuk juga sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Bangga Dengan Makanan Lokal Indonesia yang Beragam

Selain keempat jenis makanan lokal Indonesia yang sudah di akui dunia tersebut, kita tentu harus bangga bahwa cita rasa nusantara bisa diterima di berbagai belahan dunia. Indonesia memang menjadi salah satu negara yang punya banyak warisan kuliner di mana harus terus dilestarikan dan perlu dibanggakan oleh warganya.

Beraneka ragam makanan khas Nusantara harus terus dilestarikan untuk tetap dinikmati oleh anak cucu bangsa Indonesia sendiri. Di tengah gempuran makanan luar yang sering kita nikmati, makanan lokal Indonesia selalu punya cita rasa tersendiri untuk tetap menjadi pilihan terbaik dan paling enak.

 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads