ads
Dikenal Sederhana, Ini Makanan Kesukaan Paus Fransiskus

Dikenal Sederhana, Ini Makanan Kesukaan Paus Fransiskus

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Warga Indonesia, khususnya umat Katolik, tengah merayakan kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, yang tiba di Tanah Air pada Selasa (3/9). Paus Fransiskus tiba di Jakarta pada Selasa siang pukul 11.25 WIB sebagai bagian dari kunjungan apostoliknya ke beberapa negara di Asia. Ia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan pesawat komersial dan dijemput menggunakan mobil Innova Zenix Hybrid berpelat SCV 1.

Dalam perjalanan menuju Kedutaan Besar Vatikan, Paus yang juga dikenal sebagai Pope Francis, duduk di kursi depan dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyambutnya. Banyak umat Katolik dan warga Indonesia yang tersentuh hingga menitikkan air mata setelah mendapatkan sapaan dari Paus pertama yang berasal dari Amerika Latin tersebut.

Selain perayaan kedatangan ini, banyak masyarakat Indonesia yang penasaran dengan kehidupan pribadi Paus Fransiskus, termasuk makanan kesukaannya. Lalu, apa saja makanan favoritnya?

Dilansir dari AP News, Paus Fransiskus sangat menyukai Mate, teh tradisional Argentina. Saat menikmati teh ini, Paus berusia 87 tahun tersebut gemar memadukannya dengan makanan manis seperti Alfajores, kue khas Argentina yang berisi dulce de leche dan dilapisi coklat. Ternyata, Paus Fransiskus tidak terlalu menyukai ikan, tetapi ia sangat menyukai daging dan pizza. 

Meski begitu, Paus bukanlah tipe orang yang pemilih dalam hal makanan. Dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio, Paus selalu menghargai setiap hidangan yang disajikan dan menghabiskannya. Kebiasaan ini sejalan dengan kritiknya terhadap pemborosan makanan. Ia sering mengecam perilaku yang membuang makanan sembarangan.

"Kakek dan nenek kita selalu mengingatkan untuk tidak membuang makanan. Konsumerisme membuat kita terbiasa meninggalkan sisa makanan setiap hari tanpa memahami nilainya," kata Paus Fransiskus pada Rabu (4/9).

Bahkan dia memiliki pandangan yang kuat jika membuang makanan, itu sama halnya dengan mencuri dari mereka yang miskin dan yang sedang kelaparan.

Dalam hal kebiasaan sarapan, Paus Fransiskus kerap menikmati jus jeruk segar dan membrillo, yakni pasta agar-agar dari quince yang populer di Argentina. Berikut adalah daftar makanan kesukaan Paus Fransiskus:

  1. Teh Mate
  2. Makanan Manis, terutama Alfajores
  3. Daging
  4. Pizza
  5. Jus Jeruk Segar
  6. Membrillo

Sebagai catatan, pada Rabu (4/9), Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu, ia akan mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintahan, masyarakat umum, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara.

Setelah kunjungan tersebut, Paus Fransiskus selanjutnya bakal menghadiri acara pertemuan yang digelar oleh anggota Serikat Jesus di Kedutaan Vatikan pada pukul 11.30 WIB, dan sore harinya, ia akan mengunjungi Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga untuk bertemu para uskup, imam, diakon, serta komunitas religius pada pukul 16.30 WIB.

Selanjutnya, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan, sore harinya yakni pada pukul 17.35 WIB.

Paus Fransiskus memang dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. Ketika tiba di Jakarta untuk menjalankan kunjungan apostoliknya, Paus menolak untuk menerima fasilitas mewah.

Uskup Anton Subianto, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), menyampaikan bahwa Paus Fransiskus tidak menginginkan hal-hal yang bersifat eksklusif. Sebagai contoh, untuk tempat tinggalnya, Paus meminta panitia menyediakan kamar sederhana di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia. Selain menolak kamar mewah, Paus juga memilih untuk tidak menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz dan lebih memilih kendaraan yang biasa dipakai oleh masyarakat Jakarta.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads