ads
Rujak Masuk Daftar 5 Makanan Berbahan Mangga Terenak Dunia

Rujak Masuk Daftar 5 Makanan Berbahan Mangga Terenak Dunia

Smallest Font
Largest Font

Rujak asal Indonesia berhasil masuk dalam daftar 10 makanan berbahan mangga terenak di dunia menurut TasteAtlas 2024. Dua jenis rujak yang tercatat dalam daftar "Best Rated Dishes with Mango" yang dirilis oleh TasteAtlas pada Selasa (11/6) adalah Rujak Buah dan Rujak Cingur. Rujak buah menempati peringkat keempat, sementara rujak cingur berada di posisi kedelapan dalam kategori tersebut.

"Rujak merupakan salad buah tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Jawa dan sangat populer di Malaysia serta Singapura," demikian pernyataan dari TasteAtlas di situs resminya.

Selain mangga yang selalu hadir dalam rujak, camilan ini juga biasanya berisi potongan nanas, pepaya, bengkuang, dan kedondong. Media yang menyajikan ensiklopedia hidangan dari seluruh dunia ini juga menggambarkan rasa sambal rujak. Potongan buah yang asam dan manis disajikan dengan sambal uleg yang terbuat dari gula merah, cabai, dan kacang tanah.

Sedikit berbeda, rujak cingur yang merupakan variasi lain dari rujak, dibuat dengan tambahan sayuran. Potongan buah, termasuk mangga, tetap digunakan dalam pembuatan rujak cingur, namun tidak mendominasi. Rujak cingur dibuat dari kangkung, mentimun, taoge, tempe, tahu putih, dan cingur sapi. Beberapa sayurannya direbus, sementara ada juga yang disajikan mentah seperti potongan buah dalam rujak asal Surabaya ini. Perlu diketahui, cingur merupakan bagian dari hidung atau moncong sapi.

Mango Chutney Peringkat 5

Chutney mangga adalah chutney tradisional India yang dibuat dengan mangga segar sebagai bahan utama. Bahan-bahan lainnya termasuk jahe, bawang putih, cabai merah, jintan, ketumbar, kunyit, cengkeh, kayu manis, kapulaga, gula merah, dan cuka. Ada banyak variasi chutney mangga yang dibuat dengan tambahan bahan-bahan berbeda.

Bahan-bahan tersebut dimasak hingga mengental, terkadang dihaluskan jika diinginkan, dan chutney biasanya disajikan sebagai olesan atau cocolan, tetapi juga digunakan dalam berbagai cara lain seperti ditambahkan ke kari, hidangan ayam, camilan, dan sandwich. Mango Chutney yang terbaik dipercaya memiliki rasa yang manis, asam, dan sedikit pedas.

Sorbetes Peringkat 3

Sorbetes adalah es krim yang populer di Filipina, yang diberi rasa dengan bahan-bahan seperti mangga, cokelat, keju, kelapa, dan ubi ungu (ube). Secara tradisional, sorbetes dibuat dari susu kerbau dan disajikan dalam sendok-sendok kecil di atas cone gula. Beberapa orang Filipina menikmatinya dengan cara diapit di antara roti, mirip dengan hamburger.

Meskipun namanya mirip dengan sorbet, berasal dari kata Spanyol "sorbete," sorbetes bukanlah sorbet, melainkan es krim kotor, sebuah julukan bercanda dari penduduk lokal karena dijual di sepanjang jalan yang tercemar. Sorbetes biasanya dapat ditemukan di banyak gerobak atau pedagang kaki lima di seluruh Filipina.

Khao Niau Mamuang Peringkat 2

Puding beras tradisional Thailand ini adalah cara favorit untuk mengakhiri hidangan Thailand. Hidangan ini dibuat dengan beras ketan yang dikukus, kemudian disiram dengan santan manis. Nasi tersebut disajikan dengan irisan mangga segar. Hidangan penutup yang sederhana ini sangat populer dan dapat ditemukan di hampir semua tempat makan di Thailand.

Aamras Peringkat 1

Aamras pada dasarnya adalah purée mangga yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup. Dibuat dengan mangga matang dan berair yang diiris atau dipotong dadu lalu diblender menjadi campuran yang lembut, manis, dan harum. Bubur halus ini biasanya mendapat rasa manis dari mangga matang, tetapi bisa juga diberi pemanis tambahan dengan gula aren atau gula pasir.

Terkadang, aamras hanya ditingkatkan dengan tambahan saffron, jahe kering, atau kapulaga, tetapi kesederhanaannya memungkinkan variasi dan kreasi berbagai jenis. Aamras klasik adalah hidangan penutup khas musim panas, tetapi varian kalengan tersedia sepanjang tahun.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads